Saturday 23 August 2008

Makan Murah di Waroeng Kantri

Desain ruangannya memang sederhana, layaknya rumah makan pada umumnya, Namun Waroeng Kantri menawarkan banyak menu spesial dengan harga yang terjangkau.

Warung ini berada pas sebelah kanan hotel Country Haritage. Ya, karena warung ini memang termasuk salah satu bagian dari fasilitas hotel ini. Waroeng Kantri memang berbeda dengan warung atau depot makan pada umumnya. Dengan format layaknya rumah makan Pujasera, para pengunjung dapat menikmati berbagai jenis makanan dari 16 stand yang tersedia.

Rumah makan yang terdapat di jalan Nginden Intan Utara no 7 ini, menyuguhkan menu-menu masakan Indonesia, Chinese, dan Western dengan harga yang relatif terjangkau. Untuk masakan Indonesia, warung ini menyediakan bakso, soto ayam, nasi rawon, nasi campur, nasi goreng, nasi padang, nasi krengsengan daging, ayam penyet kampung, bebek goreng i love you, dan masih banyak menu tradisional lainnya, semua tersedia disini.

Untuk pecinta chinese food, pengunjung dapat menikmati berbagai macam olahan masakan bumbu china. Mulai dari Fu Yung Hai, olahan seafood, dan masih banyak lagi lainnya. Untuk menu berbau kebarat-baratan, di warung ini juga memberikan berbagai menu spesial. Antara lain, sirloin steak, T Bone Steak, Mix Yaki Country, Mix Grill, Chicken Steak, Fish Fillet, dan menu western lain yang tentunya cita rasanya tak jauh beda dengan masakan hotel berbintang.

Desain Sederhana

Suasana sederhana tersaji di depan mata saat pertama kali kita memasuki etalase resto ini. Kendati menjadi salah satu bagian dari fasilitas hotel Country Haritage, warung ini terletak di luar ruangan hotel country heritage. Tepatnya di sebelah kanan hotel ini.

Tak ada hiasan khusus yang menunjukkan bahwa rumah makan ini beraliran gaya apa. Ya, karena warung makan ini memang berdesain alan rumah makan Pujasera pada umumnya. Beratap cokelat dan disisi-sisinya dipasang kerey berwarna coklat tua, warung ini semakin terlihat seperti desain sederhana warung pada umumnya. Mempunyai 10 meja, warung ini mampu menampung 40 orang dalam kapasitasnya.

Sementara itu, selain harga menu yang mudah dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat, Waroeng Kantri juga memberikan fasilitas yang cukup menghibur pengunjungnya. Antara lain failitas free WiFi yang dapat digunakan oleh pengujung yang mampir makan di tempat ini. Selain itu juga ada hiburan life musik setiap hari Sabtu dan Minggu.

Kalau siang, memang warung ini terlihat panas dan tidak ada yang menarik dalam kemasannya. Namun saat senja datang, warung ini terlihat begitu menarik. Lampu warna-warni yang menyala pada etalase atapnya, membuat orang tak bosan memandangnya. Dan tentu saja, memaksa orang untuk mampir sejenak mengisi perutnya.

Mengenai konsep sederhana yang diusung oleh rumah makan ini, Theresia General Secretary Country Heritage menjelaskan pihaknya sepakat dengan konsep seperti ini, demi memberi kenyamanan bagi pengunjung. “dengan desain seperti ini menegaskan kalau kami memberikan sesuatu yang sederhana, baik menu maupun konsep ruangan yang kami usung,”katanya kepada Eastjava Traveler.

Warung yang buka mulai pukul 6 pagi hingga 11 malam ini, rata-rata pengunjungnya tidak hanya datang dari tamu yang singgah di hotel country heritage saja. Namun, masyarakat luar pun banyak yang datang ke warung ini. “Konsumen yang bukan dari tamu kita pun, jumlahnya tidak kalah banyak. Apalagi kalau memasuki bulan ramadhan seperti ini, warung kami lebih banyak dikunjungi oleh masyarakat lain. Karena pembantu mereka pulang kampung dan ini memberikan keuntungan tersendiri kepada kami,”kata Yoyok Senior Kasir Food and Beveride waroeng Kantri.

Menunya Pun Terjangkau
Menu-menu special a la Waroeng Kantri yang selalu dicari-cari oleh penikmat makanan tradisional maupun kebarat-baratan selalu tersaji dan diistimewakan oleh peracik masakan waroeng kantri.

Setidaknya ada tiga menu istimewa yang disajikan oleh rumah makan ini. Yaitu Beef Steak a la Waroeng Kantri, olahan daging sapi yang diambil dari sapi segar bagian luhur dalam daging sapi. Yang membuat makanan ini beda dengan steak pada umumnya adalah teksturnya yang lembut. Hal itu lantaran, sebelum dimasak beserta bumbunya, daging steak ini dicincang lembut terlebih dahulu, kemudian dipadatkan dan dimasak beserta racikan bumbunya.

Tak ketinggalan, ada juga tenderloin steak. Sama juga dengan Beef Steak a la waroeng kantri, daging nya diambil dari bagian luhur dalam sapi segar. Namun bedanya tidak perlu dicincang terlebih dahulu. Olahan daging ini, disajikan dengan potongan tebalnya.”sebenarnya yang membuat steak kami beda adalah sausnya. Kami sengaja memakai saus jamur dan brond saus, tentunya ini yang memikat lidah konsumen kani,”kata Yaji Cheff khusus masakan western ini.

Satu lagi, masakan yang ditasbihkan menjadi andalan waroeng kantri. Sweet Corn Soup, masakan berkuah kental yang terdiri dari ayam, jagung manis, jagung kalengan, bawang bombai, fresh milk, dan terigu. Asiknya, menu ini disajikan dengan roti tawar a la kantri. Rasa lembut dan guih langsung terasa dilidah kita.

Untuk pelepas dahaga, anda bisa menyegarkan kerongkongan dengan bermacam-macam minuman yang tersaji. Ada aneka jus buah segar, es degan dengan susu kentalnya, es campur spesial, cappucino shake, coffe cream shake, Es kolang-kaling, Es rumput laut, tripple point, serta masih banyak lagi minuman-minuman menyegarkan lainnya.

Namun ada dua minuman spesial yang patut untuk dicoba. Namanya Sobu Beijing. Komposisi minuman yang terdiri dari apel fuji, jambu, pear, anggur merah, melon, alpukat, klengkeng, nanas, belimbing, timun mas, dan nata de coco. Diatasnya diberi serutan es dan susu kental manis serta gula sebagai sirupnya. Rasanya, jelas segar karena terdri dari buah-buah yang siap menyegarkan tenggorokan kita.

Minuman lainnya, yang harus dicoba adalah kantri spesial. Pada dasarnya, minuman ini adalah buah alpukat yang dihaluskan, hingga menjadi es jus alpukat. Namun, yang membuat spesial adalah campuran coffe cream, susu, dan serutan coklat padat serta astor vanilla yang membuat minuman ini semakin nikmat.

Masih penasaran dengan menu-menu yang tersaji. Coba saja berkunjung ke rumah makan Waroeng Kantri . Dijamin anda akan mendapatkan kepuasan baik suasana maupun citarasa berbagai menunya.

Sementara itu, Theresia juga menjelaskan kalau memasuki bulan puasa, warung ini juga meyediakan paket berbuka puasa. Namanya paket Buffe. Dengan membayar 20 ribu saja, pengunjung dapat menikmati nasi lengkap dengan lauknya, beserta menu pembuka dan penutup seperti kolak pisang, kacang ijo, kurma, dan potongan buah segar. “tahun ini akan kami pikirkan tawaran harga yang lebih menarik lagi,”ujar Theresia.

No comments: