Thursday 11 September 2008

Jalalabi Resto, Serasa di Negeri 1001 Malam

Banyak hidangan lezat di restoran ini. Tidak hanya menu, melainkan fasilitasnya juga khas negeri 1001 malam.

Restoran ini berdiri bergaya a la aladin. Restoran Jalalabi Terletak di jalan KH. Mansyur 151, dekat perkampungan arab, kampong Ampel kota Surabaya. Berada di lantai 2, satu lokasi dengan hotel Green Kalimas, dari depan restoran Jalalabi memang tampak restoran pada umumnya. Namun, saat kaki melangkah sejenak, memasuki etalase anak tangga suasana khas Timur Tengah langsung menyapa pengunjung yang datang.

Dengan dekorasi mirip nuansa timur tengah, seperti korden bercorak arab dengan gambar ketimuran, pigura bergambar habib-habib Surabaya, antara lain habib Neon dan habib Munziral-Musawa, ditambah dendang lagu timur tengah yang menambah nuansa kental khas ketimuran.

Ada yang unik lainnya yaitu dekorasi Sisha, benda khas timur tengah. bentuknya mirip dengan lampu ajaib punya aladin, namun yang beda benda ini mempunyai leher yang panjang. Sisha digunakan bagi orang yang suka merokok. Ya, di dalamnya Sisha, terdapat asap rokok. Pengunjung dapat menghisapnya gratis, dengan merasakan sensasi aneka rasa buah, ada anggur, jeruk, dan permen karet. Sungguh unik dan menarik.

Restoran yang ada sejak tahun 1993 ini berkapasitas 75 orang, dengan dua konsep tempat duduk. Berformat kursi lengkap dengan mejanya. Setiap meja terdapat 4 kursi, namun ada yang menggunakan kursi sofa, yang muat hingga enam orang per meja. Selain itu juga ada yang lesehan. Bertempat di ruangan yang tidak terlalu luas, tempat lesehan ini juga kental dengan atmosfir timur tengahnya. Tempat duduk dari busa tebal, tidak lupa dekorasi korden ketimuran dan sashi juga ditempatkan pada ruangan ini.

Menurut Supri, Marketing Jalalabi Resto, Jalalabi sendiri diambil dari nama timur tengah. Tidak ada arti khusus untuk jalalabi sendiri. “Jalalabi hanya sebuah nama, tidak ada artinya,”ujar Pria asal Jawa tengah ini. Untuk pengunjung, kendati resto ini memberikan menu special dari timur tengah, yang datang tidak hanya dari orang-orang arab atau timur tengah saja. “Yang suka masakan ini banyak juga dari masyarakat Surabaya maupun warga Indonesia asal kota lainnya,”kata Supri.

Sajian utama di Jalalabi Resto ini memang masakan dan minuman khas timur tengah. Namun, menu-menu Indonesia, China, serta Western juga tersedia disini. Untuk masakan Indonesia ada soto ayam dan daging, rawon, sop buntut, pecel, serta masih banyak masakan tradisional lainnya. Untuk masakan China, anda dapat mencicipi Fu Yung Hai, Koloke, Tami goring, Cap Cay, dan menu seafood juga tersedia disini. Tak ketinggalan masakan barat juga ada disini, antara lain berbagai sajian steak, soup, dan makanan western lainnya.

Nah, untuk masakan timur tengahnya, anda dapat mencicipi Nasi Kabsah, Nasi Briani, Nasi Kebuli, dan masih banyak lagi lainnya. Untuk minuman, anda dapat menyeduh Sahinena, Sahiaden, dan Kopi arab, tiga minuman yang paling khas timur tengah. Begitu lengkap bukan, jadi buat anda yang ingin menikmati berbagai masakan pilihan dari berbagai Negara, didukung aroma tempat yang nyaman dengan suasana ketimuran, Jalalabi resto patut untuk anda coba.

Menu Pilihan Khas Timur Tengah
Menyebut hidangan timur tengah, yang terbayang tentunya hidangan berlemak dari daging kambing dan sapi pada setiap menu yang tersaji. Menu yang populer di resto ini adalah nasi Mandhi. Aroma dadaging kambing, sangat mendominasi nasi Mandhi, karena ada campuran daging kambing.

Masakan ini terdiri dari beras yang beda dari biasanya, yaitu dari India biasa disebut Basmati. Rasanya tak jauh beda dengan nasi goreng, namun nasi Mandhi lebih gurih dan nikmat, karena ada bumbu rempah-rempah, kapulaga, kayu manis, dan cengkih. Tentunya aroma harum terasa sekali. Warna nasi Mandhi coklat agak kekuning-kuningan, warna itu timbul dari pengasapan arang. Nasi Mandhi biasa berkolaborasi dengan kambing oven,ayam baker, dan udang.

Jika anda menyangka hidangan timur tengah selalu tinggi kolestrol, ternyata tidak sepenuhnya benar, sebab juga didominasi dengan sayuran seperti salad Taihadan. Salad yang berisi tomat, paprika, dan selada, disajikan lengkap dengan sausnasi Mandhi dari tomat dan cabe segar yang dihaluskan.

Untuk minuman, resto Jalalabi mempunyai minuman andalan. Yaitu Sahiaden, seduhan hangat dari kapulaga, kayu manis, susu, dan teh. Semuanya itu direbus jadi satu. Rasanya jelas enak dank has timur tengah.

1 comment:

infogue said...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
Artikel kuliner terhangat
Artikel anda di infogue

anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!